Tips Menyusun Jadwal Kegiatan Harian

Siapa yang mampu melaksanan kegaitan hariannya tanda agenda kegiatan hariannya sendiri. Memang sudah fitrahnya manusia itu membutuhkan jadwal ataupun aturan dalam hidupnya sendiri. Dan saya terkadang merasakan hal yang sama mungkin seperti kalian juga menjalankan aktifitas harian tanpa jadwal aktifitas harian tapi jika kita sudah membuatkan sebuah jadwal kegiatan harian maka harus mencoba belajar merutinkan sebagaimana yang telah kita buatkan. 

Dan kali ini saya memberikan tips-tips untuk kita menyusun jadwal kegiatan keseharian. Diantaranya ;

1. Tulis Pada Kertas Terlebih Dahulu.
Hasil gambar untuk catatan pada kertas
Tulis di Kertas

Tuliskan dahulu dalam sebuah kertas coretan untuk mengurutkan jadwal kegiatan dari bangun tidur hingga kita tidur/istirahat kembali dan ada bagusnya ditambah dengan urutan jamnya misalnya 

Nama Kegiatan  Jam Keterangan
Bangun Tidur 04:00 Wib  Membersihkan tempat tidur
Shalat Shubuh 04:30 Wib Pergi Ke Mesjid Terdekat
Ngaji 05:00 Wib Bersama Ustad Sekitar

2. Belilah Sebuah Notebook/Buku Kecil.
Hasil gambar untuk buku catatan kecil
Buku Catatan Kecil/Notebook
Yang mudah untuk dibawa kemana-mana oleh kita dan bolpoint yang mudah disimpan disaku atau lainnya. Bertujuan untuk apa? Ya jika ada jadwal yang tidak sesuai bisa mengalihkan kegiatan lainnya atau untuk menambahkan kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan. Dan ingatlah buku ini jangan sampai hilang, simpanlah pada tempat dimana kamu mudah mengingatnya diusahakan orang lain tidak selalu melihat buku catatanmu karena itu sedikitnya kurang sopan.

3. Cobalah Mengatur/Pasang Jam Alarm.
Hasil gambar untuk alarm
Jam Alarm
Karena tidak menutup kemungkinan kita pun perlu sebuah alat yang bisa membangunkan kita ketika tidur biasanya kita selalu menyetel jam alarm karena jika seorang perantau ketika tidur disebuah kostan nya ketika sendiri maka tidak ada orang lain selain dirinya sendiri yang mampu membangunkannya maka disinilah kita pun memerlukan alarm agar kita bisa terbangun diwaktu yang ditentukan olehnya.

4. Buatlah Checklist
Checklist Agenda

Jika sudah ada kegiatan yang terlaksana, maka lebih baiknya di buat sebuah tanda ceklis untuk menandakan bahwa kegiatan sudah selesai/beres. akan tetapi jika jadwal dari bangun tidur hingga tidur kembali sebaiknya tidak perlu di centang karena itu untuk kegiatan sehari-hari kita. Dan buatlah kolom centang untuk agenda yang mendatang.

Nah mungkin itulah beberapa tips-tips menyusun jadwal kegiatan harian kita yang pentingnya. Jika kita mampu menjalankan kebiasaan menulis jadwal aktivitas harian seperti ini, maka akan ada banyak manfaat bagi diri kita. Pribadi kita akan lebih disiplin. Semua tertata rapid an hidup lebih menjadi terarah. Selain itu, kita juga akan lebih menghargai waktu, meski itu hanya semenit. Dan manfaat yang paling besar adalah kita belajar bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan selama sehari penuh.

Karena orang yang hebat itu, yang mampu menghargai waktu hidupnya. Karena setiap menit yang terlewatkan harus menjadi hal yang berharga bagi dirinya sendiri ~Marwanzaen

Terima kasih anda telah membaca artikel Tips Menyusun Jadwal Kegiatan Harian. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menyusun Jadwal Kegiatan Harian"

Post a Comment

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome